Pengembangan Karakter Entrepreneurship Anak-anak Santri Melalui Program Ruang Ramah Konseling (RRK)

Main Article Content

Juntika Nurihsan
Mubiar Agustin
Heny Hendrayati
Juwanto Juwanto
Agista Nabilaharis
Puteri Dearini Joesdienar

Abstract

Pesantren merupakan lembaga yang berperan penting dan berkontribusi besar terhadap perjalanan Bangsa Indonesia. Hingga saat ini keberadaan pesantren tetap eksis walaupun zaman terus mengalami perubahan. Hal ini menekankan akan pola dan konsep pesantren yang juga terus berinovasi sehingga tetap menjadi rujukan bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Lemahnya generasi muda dalam pengembangan diri serta tingkat rentan usia muda yang tidak produktif menjadi dasar bagi pesantren untuk mengembangkan pola strategi. Program kegiatan ini bertujuan untuk menjembatani melalui pendayagunaan peran Pesantren dalam menyiapkan generasi muda produktif dan memiliki jiwa entrepreneurship. Program tersebut dilakukan melalui langkah dalam program Ruang Ramah Konseling (RRK). Metode yang digunakan adalah APPLE fasilitation model sebagai langkah operasional yang mencakup penimbangan (assess), perencanaan (plan), persiapan (prepare), pelaksanaan (lead), dan penilaian (evaluate). Instrumen yang digunakan dalam kegiatan ini adalah observasi dan inventori yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Kegiatan ini dilakukan kepada 30 pengasuh Pesantren sebagai sampel, dengan materi layanan tersistem bidang bimbingan pribadi, sosial dan karier. Analisis dilakukan dengan tahapan yang mencakup; 1) analisis proses kegiatan,2) analisis progres yang dilakukan secara statistik. Berdasarkan hasil kegiatan kegiatan maka disimpulkan bahwa; 1) program Ruang Ramah Konseling (RRK) memberikan dampak positif bagi pesantren yang kemudian menjadi program dalam pengembangan pola pesantren, 2) peran pesantren yang penting dalam membentuk karakter diri sebagai generasi muda yang cakap dan produktif dalam aspek keagamaan dan memiliki jiwa entrepreneurship, 3) melalui program ini, pengasuh pesantren memiliki keterampilan dalam membantu para santri dalam pengembangan jiwa entrepreneurship sebagai modal pasca lulus dari pesantren.

Article Details

How to Cite
Nurihsan, J., Agustin, M., Hendrayati, H., Juwanto, J., Nabilaharis, A., & Joesdienar, P. D. (2024). Pengembangan Karakter Entrepreneurship Anak-anak Santri Melalui Program Ruang Ramah Konseling (RRK). Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(2), 90–96. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v16i2.12
Section
Articles

References

Abekah-Carter, K., Boateng, A., & Dako-Gyeke, M. (2024). Pushed and pulled onto the streets: Perspectives of street children in Accra, Ghana. Children and Youth Services Review, 159(July 2022), 107514.

Afifudin, A. (2024). Dampak akses siswa terhadap bimbingan karier dan konseling dalam pilihan karier siswa sekolah menengah kejuruan berbasis pesantren setelah lulus dari pesantren. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 661-671.

Aliyafie, M. (2023). Peran dinas sosial dalam penanggulangan angka kemiskinan kota Palu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu).

Azhar, I. A. (2023). Peran pesantren anwarul huda malang dalam pembentukan jiwa kewirausahaan pada santri. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 4(1), 114–123.

Baha, M. A., & Kholifah, N. S. N. (2023). Peran Perencanaan dan Pengembangan Karier Pada Kinerja Guru di Pesantren Al-Umm ASWAJA. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 3(2), 149–159.

Rahman, R. (2023). Peran Pengasuh dalam Mengembangkan Minat dan Bakat pada Anak di Yayasan Yatim Piatu & Dhuafa Rumah Harapan (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).

Bonakdar, A., Gaetz, S., Banchani, E., Schwan, K., Kidd, S. A., & O’Grady, B. (2023). Child protection services and youth experiencing homelessness: Findings of the 2019 national youth homelessness survey in Canada. Children and Youth Services Review, 153, 107088.

Cheng, F. C., Hsieh, C. P., Wang, Y. L., & Chiang, C. P. (2023). The considerations of a high school student for applying to dental school: A case of one-to-one counseling for higher education. Journal of Dental Sciences, 18(4), 1912–1914.

Chikwava, F., Cordier, R., Ferrante, A., O’Donnell, M., & Pakpahan, E. (2024). Trajectories of homelessness and association with mental health and substance use disorders among young people transitioning from out-of-home care in Australia. Child Abuse and Neglect, 149(January), 106643.

Eky, F. H. (2023). Koordinasi antar lembaga dalam penanganan eksploitasi pekerja anak sektor informal (studi terhadap pekerja anak silver di kota bandar lampung). (undergraduate thesis, Universitas Lampung).

Firmansyah, K., Fadhli, K., & Rosyidah, A. (2020). Membangun jiwa entrepreneur pada santri melalui kelas kewirausahaan. Jumat Ekonomi: Jurnal Kegiatan Masyarakat, 1(1), 28–35.

Habsy, B. A., Mufidha, N., Shelomita, C., Rahayu, I., & Muckorobin, M. I. (2023). Filsafat dasar dalam konseling psikoanalisis: Studi literatur. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 189–199.

Juwanto, J., Nurihsan, J., & Maya, D. M. (2024). Student career planning reviewed from bengkulu subculture. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 8(1), 62–77.

Juwanto, J., Taufiq, A., & Yustiana, Y. R. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter mandiri siswa dalam adegan pendidikan. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(1), 79–90.

Lianawati, A. (2017). Implementasi keterampilan konseling dalam layanan konseling individual. Indonesian Counselor Association Journal, 3, 190–195.

Lili Ling, L. L., (2023). The role of the social service in the development of street children in Makassar City. Universitas Hasanuddin.

Mainwaring, J. M., Jankowsky, J., Nixon, K., Ryan, M., & Savin, M. (2024). Using a cognitive aid to improve confidence in counseling regarding current anesthesia-related breastfeeding recommendations. Journal of PeriAnesthesia Nursing, 39(4), 513–517.

Nigatu, A., Abdureshid, N., Abate, S., Dagne, I., & Oumer, A. (2023). Undernutrition and determinants among adolescent street children in DireDawa City, eastern Ethiopia: Vulnerability assessment. Nutrition, 119, 112307.

Nisa, I. (2023). Model pengembangan karier tenaga pendidik di pesantren putri al-mawaddah coper jetis Ponorogo (undergraduate thesis, IAIN Ponorogo).

Handayani, N., & Ambarawati, G. A. (2019). Penanggulangan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di kota Sukabumi provinsi Jawa Barat. J-3P (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 1-12.

Ongowo, E. O., Ngetich, K., & Murenga, H. (2021). A false start: Children of the street's journey into the charitable children institutions and its policy implications. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100166.

Pendharkar, J. A., Frisard, C. F., Geller, A. C., Pbert, L., Crawford, S., Guck, T. P., Stadler, D. D., & Ockene, J. (2021). Weight management counseling experiences of first year medical students before starting medical school and their self-perceived impact on treating patients with obesity. Preventive Medicine Reports, 23(May), 101411.

Putri, P. A., Yusuf, M., & Fatriani, R. M. (2023). Peran dinas sosial dalam penanganan anak terlantar di kota Jambi. Universitas Jambi.

Radjak, K. D., & Manti, N. (2023). Implementasi pasal 76 huruf i undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Iblam law review, 3(3), 146–160.

Rahayu, A. C. A., & Ramadhan, V. G. (2024). Implementasi bimbingan karir di pondok pesantren X. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1204-1209.

Rusmana, N., Nurihsan, J., & Juwanto, J. (2023). Evaluating career planning preparedness in Bengkulu vocational high school students. KONSELOR, 12(3), 126–140.

Sinurat, C. Y. D. (2023). Analisis peran dinas sosial dalam penanganan anak jalanan (studi kasus di kota Medan). Universitas HKBP Nommensen.

Sochos, A., Richards, A., Smith, S., Balint, A., & Bennett, A. (2023). The attachment relationship between hostel-based homeless individuals and their keyworkers. Children and Youth Services Review, 149(February), 106924.

Sulistianingsih, D. (2019). Penanaman jiwa kewirausahaan bagi santri. Jurnal Kegiatan Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 2(1), 30–38.

Van den Berg, G., & Pietersma, P. (2014). Key management models: the 75+ models every manager needs to know. Pearson UK.

Varma, R. (2021). Reimagining safer school streets with children using the crosswalk program. IATSS Research, 45(1), 39–48.

Walderhaug, N., Molnes, S. I., & Vasset, F. (2021). Guidance from practice teachers - A qualitative study of nursing students in practice studies. International Journal of Educational Research Open, 2(December 2020),

Wang, N., Ye, J. H., Gao, W., Lee, Y. S., Zeng, L., & Wang, L. (2024). What do they need? The academic counseling needs of students majoring in art and design in a higher vocational college in China. Heliyon, 10(6), e27708.

Wardiansyah, J. A. (2022). Bimbingan dan konseling karier bagi santri pondok pesantren putri muslimat samalanga dalam mengembangkan usaha souvenir. Jurnal Basicedu, 6(2), 2802–2814.

Wasserman, J. L., Loukaitou-Sideris, A., Ding, H., & Nelischer, C. (2023). The road, home: Challenges of and responses to homelessness in state transportation environments. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 21(August), 100890.

Weinger, S. (2000). Opportunities for career success: Views of poor and middle-class children. Children and Youth Services Review, 22(1), 13–35.

Yamani, A. Z., & Faiz, M. N. (2022). Penguatan santripreneur melalui pemberdayaan ekonomi di lingkungan pondok pesantren. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 4(2), 88–94.