Pengembangan Interactive E-Comic untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Saintifik

Main Article Content

Astried Damayanti
Angga Setiawan
Dwi Putri Hartiningsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Interactive E – Comic berbasis kearifan lokal dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian dilakukan untuk siswa kelas 8 di 5 SMP Swasta Kabupaten Trenggalek dengan jumlah responden 108. Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media berbasis digital yang masih terbatas dalam pembelajaran. Penggunaan materi berbasis kearifan lokal juga terbatas dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Produk yang dikembangkan adalah komik dalam bentuk digital dengan penambahan suara (audio) dengan cerita kearifan lokal Kabupaten Trenggalek sesuai dengan karakternya. Cerita yang digunakan adalah The Origin of Gegok dan The Story of Ngitung Batih. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pretest dan posttest. Angket diberikan untuk mengetahui kebutuhan siswa terkait dengan media dalam pembelajaran Bahasa Inggris, penggunaan kearifan lokal dan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pretest diberikan sebelum implementasi e – comic dan posttest dilakukan setelah penerapan e – comic dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Uji efektifitas dengan menggunakan rumus N-Gain menunjukkan hasil 0,751 yang merupakan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa e – comic berbasis kearifan lokal yang dikembangkan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Dengan pendekatan saintifik, siswa terlibat aktif dalam kegiatan diskusi. Siswa juga lebih mengenal cerita kearifan lokal Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e - comic berbasis kearifan lokal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan tahapan yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran.

Article Details

Citation
How to Cite
Astried Damayanti, Angga Setiawan, & Dwi Putri Hartiningsari. (2024). Pengembangan Interactive E-Comic untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Saintifik. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(2), 83–89. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v16i2.22
Section
Articles

References

Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model media pembelajaran e-komik untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1).

Arvianti, I., & Wahyuni, A. (2020). Penerapan model pembelajaran bahasa inggris berbasis kearifan lokal sebagai upaya konstruktivisme karakter anak bangsa. The 12 Th University Research Colloqium 2020 Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, 90–98.

Asi, N., & Fauzi, I. (2023). Pengembangan e-book bergambar cerita rakyat teks naratif berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 61–81.

Damayanti, A., & Hartiningsari, D. P. (2023). Developing extensive reading on non fiction coursebook based discovery learning model. SEMINALU (Seminar Nasional LPPM UNIPAR Jember), 1–7.

Darmayanti, R., Sugianto, R., Baiduri, B., Choirudin, & Wawan. (2022). Digital comic learning media based on character values on students’ critical thinking in solving mathematical problems in terms of learning styles. Al –Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 49–66.

Dirsa, A., Rafa, W. D., Ayatusa’adah, Hartiningsari, D. P., Ningrum, A. R., Hidayah, N., Nuriah, Y., Anim, Bahtiar, I. R., Caroline, S., Khasanah, F., Annas, M., & Astuti, R. (2024). Media pembelajaran. Get Press Indonesia.

Faoziah, N. R., & Azka, R. (2023). Menggunakan pendekatan realistic mathematics education (RME) untuk memfasilitasi pemahaman konsep. DELTA Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 81–94.

Hartiningsari, D. P., Suprayitno, S., & Marpinjun, T. R. (2019). Pengembangan media pembelajaran discovery berbasis blog untuk mata kuliah bahasa Inggris. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 237–247.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation) dalam pembelajaran pendidikan agama islam addie (analysis, design, development, implementation and evaluation) model in islamic education learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.

Hikmah, D. (2019). Media for language teaching and learning in digital era. International Journal of English Education and Linguistics, 1(2), 84–89.

Ilmi, S. N., Mawarnis, E. R., & Herman, M. (2023). Pengembangan media pembelajaran e-comic kimia berbasis STEM (science, technology, engineering, dan mathematic) pada materi termokimia untuk kelas xi mipa sma ydb Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2966–2975.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48.

Murniatiningtyas, D., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2024). Developing instructional media android-based for building computational thinking skills for high school students. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 13(1), 159-188.

Naimar, M. (2022). Penggunaan aplikasi berbasis smartphone (ibis paint x) untuk pengembangan desain busana. Unsyiah, 7. No. 4(November), 1–20.

Nasrulloh, M. F., Hanik, S., & Satiti, W. S. (2020). E-comic learning media based problem based learning in subject of linear equation system. Hipotenusa : Journal of Mathematical Society, 2(1), 34–40.

Ramadhani, A. A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran jaringan dasar untuk siswa kelas x jurusan teknik komputer dan jaringan SMK Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 7(1), 21–31.

Rasiman, R., & Rahmawati, N. D. (2014). pengembangan media e-comic berbasis flip book maker dengan pendekatan scientific learning pada siswa kelas viii SMP N 15 Semarang. In Seminar Nasional MASIF UPGRIS.

Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218.

Sugiarto, T., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Purwanto, W. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar: metaanalisis. Edukasi Jurnal Pendidikan, 21(1), 128–142.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai model pengembangan media instruksional edukatif (MIE) mata kuliah kurikulum dan pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286.

Suratnu, R. (2023). The adoption of the ADDIE model in designing an instructional module. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(2), 262–270.

Susanti, A., Trisusana, A., Aminin, Z., & Zuhri, F. (2023). Pendampingan media digital storytelling berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru bahasa Inggris SMP Trenggalek. Transformasi dan Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 64–69.

Udayani, N. K. R. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development of e-comic learning media on the topic of the human digestive system. Journal of Education Technology, 5(3), 472-481.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran era digital di sekolah dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.

Yantoro, & Fitrah, A. (2022). Penerapan pendekatan saintifik dalam mewujudkan pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 186–192.

Yusiana, U. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(1), 23-33.